Ternyata Jamaah Haji Indonesia Terbaik dan Taat Aturan

Jamaah Haji Indonesia, Ibadah haji merupakan kulminasi dari ibadah-ibadah yang ada di dalam rukun Islam. Hal itu karena di dalam haji bersatu antara fisik dan non-fisik. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan yang benar-benar matang di antara keduanya itu.

 

Ternyata Jamaah Haji Indonesia Terbaik dan Taat Aturan

 

Oleh karena itu kepada seluruh calon jamaah haji indonesia diharapkan agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh materi manasik. Bagi yang sudah yakin hendaknya dimantapkan lagi niatnya dan untuk yang masih ragu tetaplah berupaya agar menjadi mantap.

Ibadah haji adalah ibadah yang dilakukan oleh pribadi masing-masing. Karenanya meskipun pemerintah menyiapkan sejumlah petugas baik petugas secara umum (TPHD), pembimbing ibadah (TPIHD) dan petugas kesehatan haji (TKHD), tetap saja berhasil atau tidaknya pelaksanaan ibadah haji berpulang kepada masing-masing jamaah.

Apalagi jumlah calon jamaah haji jauh lebih banyak dari pada petugas. Selain itu juga hal tersebut memang tidak mungkin sepenuhnya tergantung kepada petugas. Apalagi ada yang berpikir di Tanah Suci nanti akan mendapat bimbingan lagi, itu merupakan kekeliruan jamaah selama ini.

Dengan situasi dan kondisi yang ramai, kecil kemungkinan aka nada lagi proses belajar mengajar terkait tata cara haji. Di tanah suci segala sesuatu telah terjadwal dengan waktu yang cepat da terbatas.

Oleh sebab itu, jamaah haji harus kuasai materi dan do’a-do’a serta bertobat kepada Allah SWT agar perjalanan ibadah haji pun dapat berjalan dengan lancer dan sukses hingga kembali nanti sebagai haji mabrur.

Pelayanan pelaksanaan ibadah haji harus terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk memberikan kepuasan kepada jamaah haji yang jumlahny atidak sedikit.

H Ahmad Zakwan,yang merupakan kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah Kementerian Agama Kabupaten Bangka menjelaskan, pada saat ini pemerintah terus berupaya untuk menimalisir kendala-kendala yang memungkinkan terjadi, untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji.

Mengatur ratusan ribu jamaah itu sangat sulit sekali, apalagi untuk tahun ini bisa mencapai duaratus ribuan karena adanya penambahan kuota tersebut, setelah Masjidil Haram sudah selesai dalam perenovasian bangunan. Jamaah haji yang begitu banyak dan dari usia yang tidak sama, cara makan berbeda, budaya kita sama, bahasa juga, namun pemerintah baik dari pusat maupun daerah, akan terus berusaha memberikan pelayanan yang maksimal terbaik agar tidak ada rasa kecewa.

Pelayanan yang terus menerus semakin baik itu, sangat terasa sekali jika dibandingkan dengan pelaksanaan haji beberapa tahun sebelumnya, seperti tahun 2016 lebih baik dari tahun 2014.
Ditambahkannya, masih terkait dengan jamaah haji, Indonesia telah diakui sebagai jamaah haji yang terbaik dan taat pada aturan.

Malaysia pernah melakukan studi banding ke Indonesia untuk melihat bagaimana cara mengurus jamaah hajinya yang ratusaan ribu itu, sedangkan mereka yang hanya ada 20 ribu jamaah haji saja sudah sangat menguras tenaga dan pikiran,negara dari asal Afrika itu, mengurus sendiri mereka, jadi sangat bersykur bagi kita Indonesia, pemerintahnya juga benar-benar melayani, dan diakui juga oleh Pemerintah Arab Saudi, bahwa Indonesia merupakan jamaah haji indonesia terbaik dan taat pada aturan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *