SBY Didesak Keluarkan Pepres Soal BPIH

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera menerbitkan peraturan presiden (perpres) tentang pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), atau ongkos haji mengingat akan kesibukan masyarakat, khususnya calon jemaah haji (calhaj) yang akan menghadapi Pemilu.

 

aidatour.com
Harapan itu disampaikan Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Slamet Effendi Yusuf yang dihubungi di Jakarta, Sabtu malam. Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama bersama sebesar Rp33.799.500 perorang, atau setara dengan 3.219 dolar Amerika Serikat (AS).

Slamet yang mantan anggota DPR dari Fraksi Golkar ini menilai penetapan BPIH tahun berdasarkan asumsi kurs 1 dolar AS sama dengan Rp10.500,”. “Sekarang ini dolar AS sudah mencapai Rp11.500,- sehingga sudah melebih asumsi yang telah ditetapkan pemerintah dan DPR,” papar Slamet.

Menurut Slamet, di tahun politik ini yang dimulai dari kampanye, lalu dimulainya Pemilu Legislatif (Pileg) yang dimulai tanggal 9 April, dan setelah disusul dengan Pemilu Presiden/Wakil Presiden.
“Kita berharap kegiatan politik tersebut tidak menimbulkan terhadap goncangan ekonomi Indonesia.

Sebab kalau sampai terjadinya goncangan akan berakibat kepada nilai rupiah kita lemah terhadap dolar AS, sehingga akan menambah beban bagi calhaj dalam membayar ongkos haji,” tutur Slamet.

Selain itu, lanjut Slamet, kegiatan politik di Indonesia tentu akan menambah kesibukan para calhaj, termasuk kesibukan penyelenggaraan pemerintahan untuk melayani para calhaj.

Kondisi seperti ini yang dikhawatirkan akan menghambat proses penyelenggaraan dari mulai pendaftaran sampai dengan pelaksanaan haji nanti.

“Inilah pentingnya agar presiden segera menerbitkan perpres tentang pelunasan BPIH. Karena jika perpres itu sudah terbit maka akan memudahkan masyarakat untuk siap-siap melunasi BPIH.

Lebih cepat lebih baik,” kata Slamet mengutip slogan kampanye yang pernah dipakai capres tertentu.JAKARTA (Pos Kota)

 

 

 

 

travel umroh dan haji di jakarta pusat
Pemondokan Jemaah Haji Reguler 4 Kilometer
WHO mengatakan belum ada bukti Mers menular dari Manusia ke Manusia

One thought on “SBY Didesak Keluarkan Pepres Soal BPIH

  1. Pingback: travel umroh dan haji di jakarta pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *