Rahasia Thawaf, Syarat dan Macamnya – Tata Cara dan Pengertian

Rahasia Thawaf, Syarat dan Macamnya – Thawaf berawal dan berakhir di sudut Hajar Aswad. Melawan arah jam. Thawaf merupakan salah satu dari rukun haji. Secara harfiah thawaf adalah gerakan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran, di mana di tiga putaran pertama dilakukan dengan lari-lari kecil dan dilanjutkan dengan berjalan biasa.

 

Rahasia Thawaf, Syarat dan Macamnya

 

Thawaf berawal dan berakhir di sudut Hajar Aswad. Gerakan thawaf berlawanan arah dengan jarum jam. Jadi ketika melakukan thawaf, posisi Ka’bah berada di sebelah kiri, bukan di kanan.

Menurut para ahli astronomi, seluruh alam semesta bergerak memutar pada arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Dengan gerakan melawan arah jarum jam, thawaf mengajarkan kepada kita semua untuk senantiasa menyelaraskan gerak manusia dengan alam semesta ini.

Gerak sesuai arah jarum jam adalah gerak maju atau ke depan. Sedangkan gerak yang berlawanan adalah gerak yang mundur atau ke belakang. Jadi, makna lain dari thawaf adalah proses introspeksi tentang apa yang sudah, sedang, dan yang akan dilaksanakan.

Selama melakukan thawaf, sangat dianjurkan untuk bertakbir dan membaca zikir serta doa-doa yang dikehendaki. Antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad hendaknya membaca doa sapu jagat dibawah ini:

Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.

Ketika melakukan thawaf, hendaknya melakukan sunah al idhtiba dahulu, yaitu membiarkan pundak kanan terbuka ketika thawaf, dan dan agar menutup kembali ketika selesai thawaf. Ada pun sunah raml, yaitu melakukan lari-lari kecil sebanyak tiga putaran, jika kondisi tidak memungkinkan atau tidak berdesak-desakan. Sunah ini hanya dikhususkan untuk kaum laki-laki, sedangkan perempuan tidak disunahkan raml.

Saat melakukan thawaf, jamaah haji atau umrah harus suci dari hadas besar dan hadas kecil, serta tidak diperbolehkan bagi perempuan yang sedang datang haidh atau nifas.

Syarat tawaf, antara lain:
– Niat
– Menuju garis coklat tanda batas putaran thawaf yang letaknya searah dengan Hajar Aswad.
– Menghadap ke Ka’bah dan mengangkat tangan kanan ke arah Hajar Aswad juga memberi isyarat sambil mengucapkan salam
“Bismillahi wallahu akbar.”
– Memulai dengan putaran pertama sambil membaca doa.
– Sampai di Rukun Yamani, mengusap Rukun Yamani. Bila tidak memungkinkan cukup dengan memberi isyarat tangan sambil mengucapkan “Bismillahi wallahu akbar.”
– Melewati Rukun Yamani, maka sampai ke Hajar Aswad, selesailah satu putaran.
– Teruskan putaran selanjutnya sampai selesai tujuh putaran. Apabila wudhu batal pada akan melakukan thawaf, segera berhenti dan bersucilah kembali dengan air atau bertayamum. Setelah wudhu, ulangi putaran saat batalnya wudhu dan lanjutkan sampai selesai.

Selesai thawaf, lanjutkan ibadah dengan berdoa dan bermunajat juga memohon di Multazam, shalat sunah dan berdoa di Maqam Ibrahim, salat sunah di Hijr Ismail, dan minum air zamzam dan berdoa.

Rahasia Thawaf

Thawaf ada empat macam, yaitu thawaf ifadah, thawaf qudum, thawaf wada, dan thawaf sunah.

1. Thawaf Ifadah
Para ulama telah menyepakati dan menetapkan bahwa thawaf ifadah sebagai rukun haji dan tidak boleh ditinggalkan karena dapat membatalkan haji. Thawaf ini juga disebut tawaf ziarah atau thawaf rukun.

2. Thawaf Qudum
Thawaf ini disebut dengan thawaf dukhul, yaitu thawaf pembukaan atau thawaf selamat datang yang dilakukan pada saat jamaah baru tiba di Mekah. Rasulullah SAW setiap masuk ke Masjidil Haram terlebih dahulu melakukan thawaf sebagai ganti salat tahiyyatul masjid.

3. Thawaf Wada
Dilakukan saat akan meninggalkan Mekah yang biasanya dilakukan untuk menghormati Baitullah karena akan berpisah atau kembali ke tanah air. Hukum thawaf wada adalah wajib, sehingga jika tidak dikerjakan wajib membayar dam (denda). Thawaf ini juga biasa disebut thawaf perpisahan.

4. Thawaf Sunah
Thawaf ini bisa dilakukan kapan saja. Jika ingin dilakukan saat baru memasuki Masjidil Haram maka berfungsi sebagai pengganti salat tahiyatul masjid. Thawaf sunah inilah yang disebut thawaf tathawwu.

Semoga artikel rahasia thawaf ini bermanfaat bagi jamaah haji dan umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *