Kuota Haji Normal Bisa Berdampak Positif Bagi Perekonomian Saudi

Kuota Haji Normal Bisa Berdampak Positif Bagi Perekonomian Saudi – Dari berbagai kalangan yang ada sangat merespon positif terhadap keputusan Pemerintahan Arab Saudi yang telah mencabut atau menormalkan kuota haji tanpa ada lagi pemotongan sebesar 20 persen.

 

Kuota Haji Normal Bisa Berdampak Positif Bagi Perekonomian Saudi

 

Salah satu kalangan yang menyambut gembira atas keputusan tersebut adalah para pelaku bisnis yang bergerak dari berbagai sektor di wilayah Saudi.

 

Normalisasi kuota jamaah untuk musim haji di tahun 2017 diprediksi akan membantu kemajuan bisnis Pemerintah Arab Saudi di Mekah. Pemulihan kuota diyakini akan mampu mengkompensasi kerugian sebesar 60 miliar Saudi Riyal yang mereka sudah alami selama empat tahun terakhir ini ketika adanya pemangkasan kuota akibat perluasan Masjidil Haram.

 

Kami telah memperkirakan jumlah total kerugian yang dirasakan oleh sektor terkait di Mekah sebagai hasil dari pemotongan jamaah 20 persen, yaitu 60 miliar Saudi Riyal atau kerugian pertahunnya sejumlah 15 miliar Saudi Riyal.

 

Mereka memperoleh apresiasi atas upaya Pemerintah Saudi untuk memperluas dua masjid suci yang terletak di Mekah dan Madinah. Meskipun menghabiskan miliaran riyal, namun perluasan tersebut menuai hasil dan dapat menampung dengan jumlah jamaah yang lebih besar lagi untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Perluasan mataf dan Masjidil Haram di Makkah akan terus meningkatkan kenyamanan jamaah.

 

Dan di soroti bagaimana dampak ekonomi dari keputusan yang baru-baru diambil oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman untuk menormalisasi pemotongan kuota 20 persen baik di tingkat Nasional dan Internasional. Pasalnya hal tersebut akan meningkatkan penerbangan haji ke Arab Saudi dari seluruh dunia yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbeda.

 

Di harapkan selalu ada peningkatan substansial dalam layanan ibadah haji dan umrah di tahun-tahun yang akan mendatang dan memberikan peningkatan jumlah haji dan umrah tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya dan terus memberikan peningkatan perekonomian Saudi. Normalisasi kuota akan membuat umat Islam di seluruh dunia bahagia dan jumlah mereka yang berniat untuk mengunjungi tempat-tempat suci di Makkah dan Madinah akan lebuh besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *