Biaya Haji Plus dan Perencanaannya Selagi Muda

Biaya Haji Plus dan Perencanaannya Selagi Muda – 0851-00-444-682 Merupakan pelayanan haji dengan fasilitas premium dan berbagai keuntungan lain dibandingkan haji reguler, biaya haji plus besarnya mencapai dua kali lipat atau bahkan lebih dari itu jika dibandingkan dengan biaya haji reguler. Biaya haji khusus yang biasanya juga disebut dengan ONH Plus (Ongkos Naik Haji Plus) ini pada dasarnya mengikuti ketetapan Departemen Agama RI.

Biaya Haji Plus dan Perencanaannya Selagi Muda

Namun, biaya haji plus totalnya bisa berbeda antara satu penyelenggara dengan penyelenggara lainnya disebabkan oleh jenis fasilitas dan pelayanan yang diberikan, lamanya berada di tanah suci, dan juga lokasi keberangkatan. Yang pasti, penyelenggara resmi tentunya tidak akan menetapkan harga terlalu tinggi diatas ONH Plus yang ditetapkan oleh pemerintah.

Biaya haji, termasuk haji plus ditetapkan dalam nilai dolar Amerika. Oleh karena itu, biaya dalam nilai rupiah tentunya akan mengikuti perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Bisa jadi, tahun ini lebih mahal dari tahun sebelumnya atau mungkin juga tahun depan bisa lebih murah dari tahun ini.

Selain itu, karena harus mengikuti aturan waktu tunggu keberangkatan, maka biaya haji plus yang ditetapkan pemerintah dan juga biaya total penyelenggara bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kondisi yang ada pada tahun keberangkatan. Oleh karena itu, bicarakan baik-baik dengan penyelenggara agen plus dan pastikan Anda mengetahui setiap detail biaya dengan baik.

biaya haji plus 2017

Biaya haji plus tidak harus dibayarkan total sekaligus. Pada waktu pendaftaran, para calon jemaah haji bisa membayar uang muka terlebih dahulu. Besarnya uang muka terdiri atas uang muka pendaftaran dan untuk pengambilan porsi ONH Plus di Depag. Setelah mendapatkan porsi ONH Plus dari Depag, maka calon jamaah akan mendapatkan informasi pada musim haji tahun berapa mereka akan dapat berangkat haji. Pelunasan biaya haji dilakukan pada tahun keberangkatan sesuai dengan pengumuman pemerintah.

Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti haji plus memang terkesan berat bagi beberapa orang. Namun, dengan keuntungan yang didapatkan, terutama waktu tunggu keberangkatan yang lebih singkat dibandingkan haji reguler, maka besarnya biaya tersebut menjadi layak. Walaupun pada dasarnya kuota haji plus juga terbatas dan jamaah juga tetap harus menunggu hingga beberapa tahun untuk bisa berangkat, tetapi jamaah haji plus tidak perlu menunggu hingga belasan tahun. Jika beruntung, maka keberangkatan bisa sangat cepat.

Keuntungan lain dari haji plus adalah waktu pelaksanaan yang lebih singkat sehingga tidak perlu meninggalkan tanggung jawab pekerjaan terlalu lama. Pelaksanaan hajinya sah sesuai dengan syariat-syariat Islam, namun tambahan-tambahan kunjungan ke berbagai tempat di Arab Saudi tidak sebanyak yang didapatkan oleh haji reguler. Jika tanggung jawab pekerjaan lebih penting karena menyangkut banyak orang, tentunya tanggung jawab ini bisa diprioritaskan dibandingkan wisata yang mungkin bisa dilakukan di lain waktu, di luar musim haji.

biaya haji plus

Dalam hal fasilitas, tentunya apa yang didapatkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Hotel berbintang lima dekat dengan lokasi prosesi haji, makanan berkualitas tinggi, dan juga berbagai pelayanan premium didapatkan oleh peserta haji plus. Kenyamanan ini menjadi jaminan dari penyelenggara haji plus. Selain itu, jumlah peserta dalam kelompok lebih kecil sehingga bimbingan haji lebih eksklusif.

Karena biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti haji plus cukup tinggi, para muslimin dan muslimah yang tertarik mendapatkan berbagai keuntungan dari program ini sebaiknya melakukan perencanaan sejak dini. Persiapan dana biaya haji plus yang baik dilakukan dengan cara menabung haji sesuai dengan kemampuan dengan memperhitungkan kecukupan dana saat akan berangkat haji.

Bagaimanapun , haji plus juga mengikuti waktu tunggu yang saat ini kisarannya ada pada 6-8 tahun masa tunggu hingga calon jamaah haji bisa berangkat naik haji. Bagi para muslim yang sudah memiliki cukup dana untuk membayar uang muka, sebaiknya langsung mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan porsi haji yang resmi dari Departemen Agama. Semakin cepat mendaftar tentunya lebih baik agar bisa berangkat lebih cepat. Masa tunggu 6 sampai 8 tahun merupakan jangka waktu yang cukup lama untuk menabung sehingga Insyaallah bisa terkumpul dana yang cukup untuk melaksanakan ibadah haji di tahun keberangkatan.

Selain masalah waktu keberangkatan, pendaftaran haji sebaiknya dilakukan lebih cepat dengan mempertimbangkan kondisi usia dan juga fisik. Ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik. Walaupun pada dasarnya ada banyak bantuan yang bisa digunakan selama menjalankan ibadah haji, tetapi kondisi kesehatan dan tubuh yang baik sangat diperlukan agar tidak ada masalah selama menjalankan ibadah haji. Dengan perencanaan dini selagi masih muda, maka ibadah haji bisa dilakukan saat usia belum lanjut yang artinya kondisi tubuh diharapkan masih sehat dan prima.

Pada dasarnya, usia yang dianjurkan untuk mendaftarkan ibadah haji plus adalah kurang dari 60 tahun. Pendaftaran yang dilakukan kurang dari itu saat masih berusia lebih muda tentunya lebih baik. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri saat usia masih sangat muda. Bahkan, pendaftaran saat remaja pun lebih menguntungkan. Jika pendaftaran dilakukan saat remaja, maka saat waktu keberangkatan, usia pendaftar sudah cukup dewasa.

Ibadah haji merupakan panggilan Allah SWT. Jika memang Anda harus berangkat, akan ada jalan bagi Anda untuk berangkat. Jika Anda memang ditakdirkan untuk bisa mengikuti ibadah haji plus, maka tentunya akan ada jalan bagi Anda untuk bisa mendapatkan dana biaya haji plus yang cukup di tahun Anda akan berangkat. Oleh karena itu, jangan berhenti berharap, berdoa, dan berusaha. Insyaallah, niat baik Anda untuk melengkapi rukun Islam akan bisa terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *